Hi, learner!
Akhirnya kita sampai kepada point terakhir dari tugas UTS yang diberikan oleh bapak Ir. Agung Terminanto, MBA.
Pada tugas ini saya akan menjabarkan skenario (tahapan-tahapan) yang dapat dikerjakan oleh seorang HRD:
Payroll di odoo. Dalam hal ini, saya akan menjelaskan skenario pembuatan
payslip.
- Master Data : o8-uperp9-manja-61-mda
2.
Restore database PT. Macan Jaya tahun lalu (yang sudah di
download dalam bentuk .zip) dengan cara memilih menu
restore. Kemudian isi master password, pilih
file yang akan di
restore, nama
database baru yang akan digunakan, serta pilih
Backup Restore sebagai mode nya.
3. Untuk dapat mengerjakan modul Human Resources: Payroll, install modul employee dan modul payroll pada setting, kemudian pilih local modules, dan cari modul employee dan modul payroll.
4. Jika sudah terinstall, langkah pertama yang harus dilakukan seorang HR: Payroll adalah create employee yang terdapat pada sub menu employee. Pada database ini saya mengisi seluruh nama employee dengan nama anggota kelompok 6.
Pada saat create employee, kita bisa memasukan informasi selengkap-lengkapnya mengenai identitas karyawan, seperti public information dan personal information. Pada Tags, kita dapat memilih Full time atau Part time, artinya apakah karyawan tersebut bekerja sebagai pegawai paruh waktu atau full time. Informasi paling penting yang harus dimasukan adalah jabatan dari karyawan tersebut.
5. Setelah selesai, langkah selanjutnya adalah membuat kontrak kerja pegawai, Caranya adalah pilih sub-menu Contracts pada menu Human Resources.
Kontrak kerja merupakan salah satu dokumen penting yang diperlukan, karena pada kontrak kerja terdapat informasi jabatan, wage, struktur gaji, serta lama durasi masa percobaan karyawan. Karena 1 hari = 8 jam kerja, dan 1 minggu = 5 hari kerja, maka working schedule diisi dengan keterangan 40 jam / minggu. Jika belum tertera, maka andadapat memilih create sehingga muncul tampilan seperti ini.
6. Langkah keenam adalah create salary rules. Yaitu segala jenis tunjangan dan potongan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan. Caranya adalah pilih sub menu payroll, lalu pilih salary rules.
Pada form ini:
-Name: isi dengan nama komponen gaji yaitu Uang Transportasi/Bonus.
-Category: pilih jenis komponen gaji apakah tunjangan (Allowance) atau potongan (Deduction)
-Code: isi dengan kode misalnya UT/BNS.
-Sequence: isi dengan nomor urut munculnya di slip gaji.
-Active: centang agar dianggap masih aktif. Appears on Payslip: centang agar ditampilkan di slip gaji.
-Pada tab General: Condition: Condition Based on: pilih Always True, agar komponen ini selalu dihitung dan ditampilkan di slip gaji.
-Computation: Amount Type: pilih Fixed Amount supaya nilainya berupa nilai tetap, misalnya 200,000 per bulan, atau untuk bonus field Computation / Amount Type kita pilih Python Code. Artinya perhitungan gaji menggunakan rumus tertentu berupa kode python.
-Field Python Code diisi dengan kode:
result = contract.wage * 0.1 0 Artinya komponen ini nilainya adalah gaji pokok dikali 1 0%. Nilai gaji pokok diambil dari object contract yang sudah tersedia disini. lalu diambil field wage dari object itu, dan dikalikan dengan 0.1 0.
-Quantity: isi dengan jumlah satuan. Fixed Amount: isi dengan nilai tetap
7. Langkah selanjutnya adalah membuat struktur gaji. Caranya adalah pilih sub menu payroll lalu klik Salary Structure.
Namai struktur gaji sesuai departement, agar memudahkan dalam penentuan serta pembagian gaji. Pada parent pilih Based on new structure, artinya pada slip gaji akan selalu muncul perhitungan Basic, Gross, dan Net (CMIIW). Kemudian pada salary rules pilih jenis tunjangan serta potongan yang akan dimasukan kedalam perhitungan gaji karyawan.
8. Maka sekarang anda sudah dapat membuat slip gaji dengan cara memilih Employee Payslip pada sub menu Payroll.
Jika anda memilih nama employee yang akan anda buatkan slip gajinya, maka otomatis seluruh kolom yang dibutuhkan sudah terisi. Jika anda ingin melihat total gajinya, pilih compute sheet. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut.
Akhirnya slip gaji karyawan sudah selesai! Jika anda ingin mencetak slip gaji, anda tinggal menekan tombol Ctrl + P , maka akan muncul tampilan seperti ini.
Saya melakukan hal yang sama untuk ke-13 karyawan PT. Macan Jaya yang lainnya, hasilnya dapat dilihat sebagai berikut.
Demikian tugas UTS point 4 ini saya selesaikan. Semoga dapat memenuhi kriteria penilaian dengan baik.
Sampai jumpa pada postingan selanjutnya!
Terdapat beberapa kegagalan yang saya temui saat saya mengerjakan modul HRD: Payroll. Yaitu ketika saya memasukan PPH21 sebagai salary rules, tetapi phyton code yang saya masukan dikatakan salah. Padahal phyton code yang saya lakukan sudah mengacu pada Laporan Magang Reza Muhammad. Berikut ini adalah hasil screenshotnya:
Semoga kedepannya saya dapat mengoreksi titik kesalahan saya. Terimakasih sudah membaca!
0 comments:
Post a Comment